IM, JS, dan Bidka

Saya heran, kalau memang permasalahan ini tidak perlu banyak dipersoalkan, ketika saya membicarakan ini banyak yang antusias berkomentar melebihi tema merah jambu. Tapi, baiklah, saya akan menjelaskannya lebih lanjut, kenapa kita perlu membicarakan persoalan ini.

Persoalan pergerakan IM perlu kita beri perhatian, bukan untuk dibenci atau bahkan dicacimaki. Mereka adalah sudara muslim, yang bahkan sudah memiliki semangat dakwah. Hal ini yang harus kita beri apresiasi. Adapun ‘mempersoalkan’ dalam rangka saling menasehati. Nasehat ini tentu tidak serta merta dalam bentuk eksplisit. Bisa juga dalam bentuk argumen yang bersandar pada dalil yang tepat.

Semangat persatuan yang dibawa Bidka sebenarnya sudah sesuai dengan semangat JS. Sayangnya, ‘penumpang gelap’ inilah yang membuat Bidka menjadi kacau balau dan jauh dari semangat persatuan. Bagaimana tidak, ketika sistem ini coba diinisiasi, yang dipermasalahkan malah pemilihan Ketua yang diperbolehkan dari fakultas. Padahal masalah Ketua hanya sebagian kecil dari berbagai permasalahan yang coba kita pecahkan. Kita lihat saja sendiri siapa yang bersikeras memperbolehkan Ketua dari fakultas, padahal tidak banyak dampak positif yang dibawa. Justru dampak negatif yang sekarang kita rasakan. Pelengseran Ketua menjadi pil pahit yang harus kita telan. Maka alasan satu tubuh itu dalil atau dalih?

Mari kita lihat secara jernih apa dampak diberlakukannya Bidka dalam tubuh Dakwah Kampus. Saya tidak akan banyak berbicara lagi permasalahan ini. Silakan dipikirkan sendiri. Berlajarlah mandiri sejak dari dalam pikiran. Yang jelas, kita tidak bisa lari dari permasalahan golongan. Ini merupakan satu permasalahan dari sekian banyak problematika umat yang harus kita jawab bersama. Saya hanya khawatir, kelabilan yang kalian tuduhkan bukan karena saya yang melebih-lebihkan, tapi karena ketidaktahuan kalian. Semoga semakin banyak tabir yang terbuka. Semoga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s