Tung Tak Tung Jazz! Jazz Ndeso Ala Ngayogjazz

 

DSC_0248

Suasana aneh menyelimuti Brayut malam itu. Gebukan drum Peter Lumingkewas yang begitu agresif dengan double drum yang mengiringi hampir di semua ritme berpadu dengan petikan gitar 8 strings Biondi Noya yang lembut, namun berusaha mengimbangi ritme cepat yang diberikan Peter. Soebroto Harry, pembetot bass 7 srings memberikan groovy yang tak kalah anehnya. Suara vokal Brenda Mandagi yang halus membuat musik yang mereka sajikan semakin sulit untuk dipahami.

DSC_0254

Nada dan ritme yang disajikan Van Java serba kontradiktif. Jika nada terkesan jazzy, justru disuguhkan ritme metal. Efek yang dimunculkan pun terkadang terasa folk, atau mungkin klasikal. Entah bagaimana, raut muka mereka mencerminkan begitu nikmatnya musik yang dihasilkan. Mereka menyebut aliran band ini “progresif jazz”, tapi itu tidak membantu apa-apa.

DSC_0277

Untung saja, Si “Magic Finger” Balawan segera naik ke atas panggung dan mencairkan suasana yang awalnya penuh kebingungan dan keanehan, berubah menjadi penuh keceriaan. Lagu “Save The Last Dance for Me” yang dipopulerkan Michael Buble ia nyanyikan dengan suara vokalnya memang pas-pasan. Akan tetapi, jarinya yang berdansa diantara fretboard memainkan nada-nada yang rumit membuat penampilannya terasa mewah. Gitar pada umumnya, dengan satu neck, seakan tidak mampu mengakomodasi kerumita nada yang ia mainkan, sehingga harus double neck.

Gitaris asal Bali ini selalu memukau pendengar dengan teknik tapping-nya yang terkenal. Tidak ada yang tahu pasti tiga lagu instrumental yang ia bawakan. Aku pun tak yakin Balawan sendiri hafal judul lagu instrumental yang sedang ia bawakan, mengingat ratusan lagu di puluhan album berbeda yang telah ia hasilkan.

DSC_0278

Untuk menghormati kearifan lokal, gitaris bernama depan I Wayan ini memakai blangkon, yang lucunya, agak miring dan berantakan. Mungkin karena tidak terbiasa dengan penutup kepala khas Jawa yang memang sangat berbeda dengan udeng di Bali. Untung saja, hal ini sama sekali tidak mengganggu usahanya memukau penonton.

Untuk memecah suasana, ia memamerkan efek-efek gitarnya yang berbagai macam, mulai dari gamelan, kendang, bahkan suara orang. “Kalau di Surabaya, ini andalan saya,” katanya sembari memencet dua nada yang menimbulkan suara, “Jancuk”. Selain itu, dengan teknik slide ia membuat semacam kalimat yang selanjutnya ditirukan oleh salah satu penonton.

“Semua Bisa Bilang” yang diciptakan Charles Hutagalung pada tahun 1980-an mengakhiri perjumpaan kami. Lagu yang dipopulerkan oleh Rani ini pernah ia daur ulang dan melejitkan namanya. Kini ia lebih sering unjuk kebolehan di berbagai festival jazz, termasuk Ngayogjazz yang ke-8 ini.

DSC_0290

Tak seberapa jauh dari situ, Bintang Indrianto dan kawan-kawannya memainkan jazz yang juga tidak biasa. Mereka menamai grup itu dengan “Bintang Indrianto Trio++”. Barangkali plus-plus yang dimaksud, plus tabuhan ketipung Bang Madun dan plus tiupan suling bambu Joel Achmad. Apa lagi musik yang dihasilkan dari ketipung dan suling bambu selain dangdut bukan?

Gebukan drum Muhammad Iqbal yang enerjik dan sound vintage milik Denny Chasmala membuat semakin unik fushion yang dihasilkan. Lagu instrumental andalan mereka di tiap festival dikeluarkan semua. Mulai dari “Woi”, “Nyet”, sampai “Kendang Kribow” membuat siapa saja tak bisa menahan hasratnya untuk berjoget. Lagu mereka yang terakhir, “Oplosan” yang mengiringi perjalanan pulang kami seakan semakin menegaskan, jazz yang semula diasosiakan musik kelas menengah, kini telah dapat berbaur dengan segala lapisan masyarakat. Jika fushion tak lagi dapat menggambarkannya, mungkin oplos bisa?

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s